Apr 11, 2008

Permainan Masa Kecil

Melihat neta yang aktivitas di rumah hanya menonton tivi, main PS atau main games di computer, saya jadi iba.

Dulu waktu kecil saya sangat puas bermain dengan teman-teman sebaya. Ini dia permainan saya sewaktu kecil dulu :

*Gobak Sodor , waduh gara-gara main ini saya sempat benjut kepala, ceritanya saya lagi jaga garis depan, trus pas temen saya lewat saya ngejar mo nangkep, eh keblablasan gag bisa ngerem, akhirnya nyium dinding pembatas, jeddoott!!! :d

*Kasti . yang ini kayanya sampe sekarang masih sering dimainin neh, kalo ada lapangannya hehehehe

*Main Engkle, loncat-loncat didalam kotak yang digambar diatas tanah. Mainnya pake pecahan genting . Kalo sekarang main ginian kayanya bakal ngos-ngosan neh :d

*Main karet, macem-mecem jenisnya, ada yg loncatin karet dari posisi semata kaki, lanjut ke dengkul, paha,pinggang, dada,kepala,sejengkal sampe posisi merdeka :d, terus ada yang berpasangan mainnya , loncat-loncatin tali trus disilang-silang gitu deh, dan ada lagi yang talinya diputer-puter trus kita lompat-lompat sambil bawa sandal :d

*Main bekel , bijinya bisa pake kuwuk ( kaya kerang-kerangan itu :d), pake biji kuningan yang kaya kursi-kursi kecil gitu atau pake tutup limun..( jaman dulu kalo di sekolah ada yg jualan es limun, nah kita mungutin tutup botolnya gitu :d )

*Bentengan , wah ini juga seru , pernah sandal saya yang dijadikan benteng sampe gag berbentuk lagi karena dibejek-bejek hehhee

*Gatrik, hehe ini juga pernah bikin kepala benjut, pas saya jaga saya gagal menangkap tongkat yg dilempar oleh temen, dan tongkat itu mendarat dengan mulus di kening hehehhee

*Main gundu, wah dulu saya punya gacon ( kelereng yang paling dijagokan ) yang bikin saya menang terus , sampe-sampe saya punya sekaleng besar kelereng berkat gacon itu . tau kan kaleng khong guan jaman dulu yang bunder besar itu?nah segitu :d hehehhe

*main congklak , hmmm kalo main ini paling males kalo lawan main kita gag mati-mati, soalnya ada itungannya neh :d

*Petak umpet, nah kalo yang ini saya gag berani main magrib-magrib , katanya bisa diculik genderuwo. Bener gag seh? :d

*Ular naga panjangnya, makin panjang, makin banyak yg ikut main, makin seru :d

*Main amprogan, wah ini permainan gag usah ditiru, penuh dengan kekerasan fisik hehehe, jadi yg suwitnya kalah, dia kudu jaga, trus pegangan ke pohon dengan posisi membungkuk , trus tar temen-temennya yang menang, lari dari jauh trus loncat naik ke punggungnya.Beuuhh buat yg jaga yah, setiap ada teemn yg loncat ke punggung rasanya kaya ditimpa godam, "buuuggg!!!" , apalagi kalo temennya gendut :d, musti pegang kuat-kuat ke pohon, kalo yg jaganya jatoh musti jaga lagi soalnya. Nah, kalo ada temen yg naiknya yg jatuh , gantian dia yg jaga hehehe. Untung gag sampe patah tulang neh main ginian :d

*Main kartu, halah-halah…gara-gara permainan ini saya dihukum oleh ayah saya, bayangin aja disuruh nulis "saya tidak akan main kartu lagi” 100 x, tangan ampe gempor hehehhee . Dulu saya mainnya qiu-qiu, tapi sekarang dah lupa, kaya apa yah? Sejak dihukum gag oernah main lagi.Yang jelas pake kartu gaple . :d

*Main tarzan-tarzanan, jadi daun kelapa yang menjuntai ke bawah kita tarik trus kita berayun sambil teriak " ooouuuwwwooooooo !!!". Paling seru kalo kelapanya ditepian sungai atau selokan ( selokan jaman dulu bukan selokan kecil dengan air item kaya jaman sekarang yah :p ), jadi kalo gag sigap bisa terjun ke air :d

*Main ikan-ikanan, wah ini juga seru , mainnya di atas kasur, trus yang kebagian jaga, matanya ditutup kain, trus dia harus menangkap temen-temen yang lain dengan mata tertutup. Kalo ketangkep dia harus nyebutin namanya. Karena judulnya ikan-ikanan maka namanya pun nama ikan . Makin susah makin bagus, karena kalau yang nangkepnya lupa, kita bisa dilepasin lagi :d. Saking kreatifnya , dulu ada temen yang pake nama cumi pilek sama.. gurita pengkor?:d
Biasanya sih kalo abis main ini ibu saya mencak-mencak karena tempat tidur jadi bernatakan hehehe

Waduh-waduh banyak juga yah dulu permainannya , dan seru-seru . Blom lagi acara manjat pohon kalau pohon jambu di halaman sedang berbuah. Pokoknya dulu kalo belum magrib atau belum dijewer pulang, blom selese main :d.

Waahhh jadi kangen masa-masa kecil dulu ….:d. Hmm..temen-temen kecil saya dah pada kemana yah sekarang ? :)

posted by Maya @ 9:35 AM  

5 Comments:

  • At 5:24 PM , Blogger Anang said...

    kalu saya gobaksodor, betengan, bentengan, main kartu, nekeran, plinthengan, kasti, lumpat tali, buanyak ampe lupa

     
  • At 7:46 AM , Blogger pyuriko said...

    Hampir sama kek Iko... cuma dulu Iko juga suka main layang-layang sama adik yang cowok, hehehehe... sampe2 manjat genteng segala.

     
  • At 3:56 AM , Anonymous Anonymous said...

    iya, anak jadul sebenernya lebih kreatip, biar gak haitek tapi maennya asik dan gak mahal, kuda2an dari daun pisang, belajar berhitung pake congklak, banyak olah raga, gak cuma nongkrongin layar elektronis ;)

     
  • At 11:31 PM , Blogger DANIEL! said...

    amprogan? kayak nama obat ya? :))
    cuman itu aku yg baru denger..

    ya udah main engkle aja berdua, buat nostalgia.. hehehe..

     
  • At 9:29 AM , Blogger Maya said...

    @ anang : hehe gag kalah seru neh kayanya masa kecilnya hehhee

    @ jeng iko : hehehe kalo aku yg serunya ngejar layangan nya, brebutan hehehe

    @ um ibrahim : iya betul um,sueeruu pokoknya :d

    @ daniel : ehhe iyah aku juga sedikit gag yakin seh sama namanya lupa :d

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home