May 28, 2007

pure life style

Tidak sengaja saya mampir di website ini, dan ada beberapa hal menarik perhatian saya. Katanya setiap manusia harus mengikuti pure life style agar mendapatkan kedamaian hati dan kejernihan pikiran.

Pure lyfe style secara fisik dilakukan melalui diet murni dengan mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang sehat dan segar , air dan udara yang bersih dan olahraga yang teratur.

Hmm..bahan makanan yang sehat dan segar sepertinya sudah jarang, kalaupun ada pasti harganya relatif mahal. Begitu juga untuk saya yang tinggal didaerah perkotaan, air dan udara bersih sepertinya sulit diperoleh. Olahraga apalagi, punya niatan untuk berolahraga secara teratur lagi-lagi terbentur dengan kemalasan .

Didalam website itu juga disebutkan bahwa kejernihan pikiran bisa diperoleh melalui kejujuran, kerendahan hati , ketenangan hati , persahabatan dan rasa iba terhadap sesama . Sedangkan hal-hal yang bisa merusak kejernihan hati dan pikiran seperti rasa marah, benci, harga diri, nafsu dan takut harus dihindarkan. Begitu juga dengan gosip dan rasa cemas harus diabaikan.

Dalam hal kejujuran, kerendahan hati , persahabatan dan rasa iba terhadap sesama mungkin saya masih bisa melakukannya meski jauh dari sempurna , tapi untuk menghindarkan diri dari rasa marah, benci, harga diri, nafsu , takut dan cemas sepertinya sangat sulit meski itu mungkin dilakukan jika saya mau dan tahu bagaimana melakukannya.

Sigh..pantas saja sulit untuk saya mendapatkan kedamaian hati dan kejernihan pikiran.

Btw, kenapa tidak saya coba mulai hari ini, tanpa rasa marah, benci , nafsu, takut dan cemas . 1 hari saja , apakah saya bisa melakukannya? mari kita lihat :)

posted by Maya @ 9:26 AM  

5 Comments:

  • At 1:19 PM , Anonymous Anonymous said...

    persis bener kaya buku "shogun".. ada 7 nafsu yang harus dikalahkan sebelum maju perang..na beberapa diantaranya yang disebutin itu deh...

     
  • At 8:42 PM , Anonymous Anonymous said...

    Hmmm, untuk mendapatkan sesuatu yang murni.....sshhhhh aku pernah berupaya sampai akhirnya aku letih dan menikmati kekotoran ini

     
  • At 6:37 AM , Blogger Mashuri said...

    Marah memang salah satu manifestasi dari naluri mempertahankan diri. Marah bukanlah melulu berarti negatif. Yang menjadi persoalan adalah bagaimana mengelola marah sehingga kita dapat menyalurkan emosi marah kita secara tepat. Terhadap perlakuan yang diskriminatif wajar jika kita marah,namun penyalurannya tentu tidak destruktif bagi kita maupun orang lain.

     
  • At 9:25 AM , Blogger Maya said...

    @ mas trie : itulah..tapi kebanyakan udah kalah dulu sama nafsu

    @ raffaell : kadang-kadang saya juga merasa begitu kok :)

    @ mas mashuri : dan bagian tersulit adalah ketika kita harus mengelola marah tersebut

     
  • At 4:25 AM , Anonymous Anonymous said...

    Kedamaian hati dan kejernihan pikiran, dua hal pokok yang penting tapi emang susahhhhhh.. hehe..

    Thanks ya linknya, mau ikutan baca..

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home