May 22, 2007

somniloquy a.k.a ngigo

Saya pernah menulis tentang http://ceritamaya.blogspot.com/2006/11/mengigau.html dan sampai sekarang sepertinya ini menjadi masalah saya yang belum terpecahkan. Kasihan juga melihat pasangan saya yang tidak bisa tidur nyenyak karena igauan saya, meskipun katanya igauan saya seringkali membuatnya terbahak-bahak di malam buta.

Seperti pagi ini misalnya, saya susah sekali membangunkan pasangan saya, dia bilang karena semalam dia sulit untuk kembali tidur setelah terbangun karena igauan saya. Sambil mesem dia bertanya kepada saya,

"semalam kamu mimpi apa sih?"

"mm..ngga tau yah..lupa aku...emangnya napa?"

"tau ngga sih, semalam itu kamu marah-marah ngegerutu ga jelas. trus aku tanya, hun hun..kamu kenapa?...ehh tau ngga jawabannya apa?"

"apa?"

"kamu tuh sambil merem nembakin aku pake tangan begini ( sambil memperagakan dengan mengacungkan ibu jari dan telunjuk seperti pistol :d )...trus pake bunyi lagi..sccuuuss!! ..sccuuss!! ..scuuss !!!! sampe ngakak aku ngeliatnya hehehe"

"masa sih? apa aku mimpi jadi mrs.smith yah?" :d

Begitulah, sebetulnya saya senang bisa membuat pasangan saya tertawa, tapi tidak di malam buta dan mengganggu tidurnya.

Saya mencoba searching di google dengan kata kunci " sleep talking " , sampai kemudian mendapat beberapa info dari http://en.wikipedia.org/wiki/Somniloquy sebagai berikut :

Somniloquy or sleep-talking is a parasomnia ( a parasomnia is any sleep disorder characterized by partial arousals during sleep or during transitions between wakefulness and sleep and often associated with stress and depression, and biological factors may also be involved. ) that refers to talking aloud in one's sleep. It can be quite loud, ranging from simple sounds to long speeches, and can occur many times during sleep.

- Bisa disebabkan oleh stress dan depresi? wah kalo begitu saya sedari kecil sudah stres dan depresi karena kata orang tua saya kebiasaan mengigau sudah sedari kecil. hmm..apa perlu saya pergi ke sleep specialist untuk menghilangkan kebiasaan ini :-?

Sleep-talking can occur by itself or as a feature of another sleep disorder such as:
REM sleep behavior disorder (RBD) - loud, emotional or profane sleep talking
Sleepwalking
Night terrors - intense fear, screaming, shouting
Sleep-related eating disorder (SRED)


- Untungnya saya ngga pake sleepwalking..ngeri juga kalo sampe begitu, bisa-bisa lagi tidur , ngga sadar bukain pintu buat maling atau saya berjalan dan begitu tersadar sudah ada di pemakaman umum dekat rumah...hiiiyyyyyy

Sleep-talking is very common and is reported in 50% of young children, with most of them outgrowing it by puberty, although it may persist into adulthood (about 5% of adults are reported to talk in their sleep).

- Hehe berarti ada juga temannya, meski cuma 5 % hehehhe

In order to prevent sleep-talking a mouthguard may be worn.

- Kalo dari http://en.wikipedia.org/wiki/Mouthguard mouthguard itu katanya karet pengaman mulut yang biasa dipake sama petinju . hahh?? gak salah?? masa biar ga ngigo kalo tidur musti pake gituan?? jelekk amat! :((..... bisa ilfil pasangan saya, bukannya dipeluk malah ditinju lagi ntar, dikiranya saya mike tyson :d. Ngga ada cara lain yang lebih cantikan dikit gitu? : d

One famous sleep talker is Dion McGregor, a man who became something of an underground celebrity when his roommate Michael Barr recorded his nightly soliloquies (which were often hilariously detailed), which were then released as a series of albums in the 60's.

- Nah ini boleh juga, apa saya pasangin candid camera di kamar yah? siap tau bisa ikutan ngetop , bikin pelem seri " ngigo ala maya " . halah !!! :d

posted by Maya @ 10:27 AM  

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home