Nov 21, 2006

tentang anak




seorang ibu berkata kepada saya seperti ini :


"kalau ibu punya anak, mungkin sudah sebesar kamu yah. kalau kamu benar-benar anak ibu , ibu akan senang sekali, tapi sayang kamu milik orang lain . ngga tau kenapa kok ibu sayang sama kamu, mungkin karena ibu kesepian yah, apalagi semenjak bapak sakit-sakitan ibu semakin merasa sendirian menghadapi semuanya. kadang terlintas jika bapak sudah tidak ada, ibu akan hidup dengan siapa? dan siapa yang akan mengurus ibu di masa senja nanti?"


saya hanya bisa bilang begini :


"ibu , kalaupun ibu memiliki anak belum tentu ibu akan lebih bahagia dari keadaan sekarang . apapun yang terjadi pada ibu saat ini, saya yakin itu yang terbaik dari Tuhan untuk ibu . kalau ibu mau , saya akan senang jika ibu menganggap saya sebagai anak ibu. "


klise memang jawaban saya , tetapi hanya itu yang bisa saya katakan. saya mengerti kesepiannya, saya juga mengerti akan ketakutan dan kecemasannya, karena saya juga mengalami hal yang sama. saya merasakan kesepian, ketakutan dan kecemasan yang sama, apalagi jika pihak keluarga, rekan kerja maupun teman-teman saya ada yang bertanya seperti ini :


" kok belum punya anak juga yah ? "


tak jarang mereka bertanya dengan pertanyaan kejam seperti ini :


" emang ngga mau punya anak yah? "


menyakitkan sekali.....betapa mudahnya mereka mengadili saya atas keadaan yang saya sendiri tidak kuasa untuk menentukan.


tapi kembali kepada jawaban diatas , jawaban yang tidak hanya saya berikan untuk si ibu tapi lebih ditujukan kepada diri saya sendiri....


"....apapun yang terjadi, inilah yang terbaik dari Tuhan ...." :)


posted by Maya @ 8:37 AM  

3 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home