Jan 15, 2007

air bersih dalam kehidupan saya



bukannya sok-sokan jadi peduli pada lingkungan hidup, setelah kejadian keringnya sumber air di tempat saya meski hanya untuk beberapa saat , membuat saya berpikir , "apa jadinya jika kita kekurangan air bersih? " jangankan mandi , sekedar untuk membasuh wajah saja tidak bisa . jika dihitung-hitung selama ini , dalam keadaan sehat ( dalam keadaan sakit tertentu bisa saja kita membutuhkan air bersih lebih banyak bukan? ) , saya menggunakan air bersih sehari-hari minimal sebagai berikut :


*mandi kira-kira 40 lt,

*memasak kira-kira 5 lt,

*membersihkan wajah kira-kira 3 lt,

*mencuci tangan kira-kira 5 lt,

*menyiram toilet kira-kira 5 lt ,

*mencuci pakaian kira-kira 50 lt,

*mengepel lantai kira-kira 20 lt dan ,

*mencuci mobil kira-kira 50 lt.


jika di total seluruhnya, maka saya menggunakan air bersih sebanyak 178 lt. dan apabila saya bandingkan dengan air kemasan dalam 1 galon yang terdiri dari 20 lt , maka saya menghabiskan kira-kira 8.9 galon perhari. 62.3 galon per minggu. 267 galon per bulan? 3,204 galon per tahun? sebegitu banyakkah ? itu semua diluar air minum yang saya konsumsi.


tak bisa dibayangkan jika air bersih tidak cukup tersedia, saya yang jika satu hari saja tidak keramas akan sakit kepala, karena rambut menjadi lepek dan berminyak. belum lagi jika saya tidak bisa membersihkan wajah dengan air 3x sehari , maka jerawat-jerawat tidak tahu aturan itu akan tumbuh subur di wajah saya. dan ini juga yang paling penting, saya harus menggunakan air untuk membersihkan diri setelah buang air . tidak bisa tidak. pernah saya membersihkannya dengan tissue ketika saya tidak tahan untuk buang air besar di tempat yang kebetulan toiletnya hanya menyediakan tissue, alamakk... langsung lecet dan perih setelahnya. jadi terbayang bagaimana susahnya hidup saya kalau tidak ada air bersih .


untungnya kejadian kemarin yang hanya beberapa jam saja . itupun sudah membuat saya kelimpungan dan menderita karena menahan buang air . kalau saja hal tersebut berlangsung lebih lama , maka sudah jelas badan saya akan apek , lengket dan gatal-gatal, muka jerawatan, tidak bisa memasak, cuci tangan dengan lotion pembersih tangan yang terasa lengket , toilet kotor, pakaian menumpuk, piring kotor menumpuk ..hiyyyyy..menjijikan!!!


tadinya saya berpikir , jika air bersih tidak kunjung tersedia, maka saya akan membeli air galon dalam kemasan. tapi itu kemarin, ketika saya belum menghitung banyaknya air bersih yang saya gunakan . tapi sekarang setelah saya berhitung dan ternyata saya harus mengeluarkan dana kurang lebih 80 ribu dalam satu hari untuk memenuhi kebutuhan saya akan air bersih, eiitttssss... nanti dulu, saya jadi berpikir ulang. bisa bangkrut saya. okelah, misalnya saya tidak perlu mencuci mobil setiap hari, tetap saja pengeluaran saya masih terhitung besar .


lantas, apajadinya jika suatu saat cadangan air bersih menipis dan air menjadi sulit diperoleh sehingga menjadi amat begitu berharga dan mahal harganya ? saya tidak dapat membayangkan jika sudah sampai sejauh itu , tapi yang jelas mulai saat ini saya akan berhemat air bersih. ada yang tertarik untuk ikut berhemat ? atau jangan-jangan saya yang ketinggalan dan telat nyadar :">


posted by Maya @ 8:34 AM  

3 Comments:

  • At 2:39 PM , Anonymous Anonymous said...

    tulisan ini emang agak-agak serius tapi gue suka dengan topiknya.

    Gak berani mengklaim diri sebagai pecinta alam (environmentalist) tapi gue berusaha untuk menjadi orang yang menjaga alam ini.

    Tau gak May *ehem...* karena peristiwa ini loe kan bisa mulai gimana caranya menghemat air tanpa harus menjadi kotor/jorok atau sakit.

    Salah satunya nih, saat sikat gigi jangan biarkan air krannya mengalir.
    Laennya... loe bisa mikir sendiri lah.

    Eh... bukan cuma air ajah loh. Hal yang laen juga. Seperti : jangan terlalu banyak pake tisu ato kertas karena butuh berapa pohon hanya untuk tisu ato kertas itu.

    Wah... kok gue jadi kaya dosen gini ya? Sori ya, tapi gwe semangat sih kalo omong ttg hal ini... :p

     
  • At 4:41 PM , Blogger Maya said...

    setuju tante deci !!!! hehehe beginilah jika punya teman seorang pencinta lingkungan :p

     
  • At 2:43 AM , Anonymous Anonymous said...

    You write very well.

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home